Senin, 26 Maret 2018

Persiapan Fisik dan Mental Sebelum Ujian

Halo guys, gimana nih, persiapan belajar menjelang ujian? Gua harap sih lo semua sekarang udah punya persiapan materi yang mateng dengan belajar di zenius.net maupun Xpedia 2.0. Biasanya sih, di hari-hari menjelang ujian, para siswa malah lagi ngebut belajar persiapan materi karena masih terus ngerasa belum siap. Ada yang belajar mati-matian sampe subuh lah, ada yang sampe lupa makan, lupa istirahat, lupa jaga kesehatan. Eh, tau-taunya pas hari-H menjelang ujian malah loyo karena kurang tidur, perut mules karena lupa ke WC pagi-paginya, bangun telat dan panik karena nggak tau ruang ujian di mana, pas mulai ujian telat, terus ternyata lo baru sadar nggak bawa alat tulis lengkap dan kartu peserta ujian ketinggalan. Niatnya belajar mati-matian, eh ujung-ujungnya malah gagal dalam ujian karena gak mempersiapkan faktor-faktor non-teknis menjelang ujian.
Konyol banget, yah, kalo dipikir-pikir? Tapi, jangan sampai lo sekarang nyengir-nyengir aja baca cerita gua di atas tapi ternyata lo sendiri mengalami kejadian yang serupa, hehe... Karena sebetulnya, dari tahun ke tahun, gua hampir selalu denger ada-ada aja cerita konyol siswa yang gagal ujian karena nggak menaruh perhatian pada hal-hal non-teknis, padahal anaknya udah punya persiapan belajar materi yang mateng. Tragis? Tentu saja tragis, makanya pastikan lo semua baca artikel ini sampe beres supaya lo semua bisa punya persiapan yang mateng gak hanya dari segi materi, tapi juga fisik dan mental yang oke.
Okay, yang mau gua bahas di artikel zenius blog kali ini adalah persiapan non-teknis (selain belajar materi ujian) baik fisik maupun mental menjelang hari-H ujian. Konteks "ujian" yang gua bahas di sini bisa lo aplikasikan dalam ujian SBMPTN, ujian mandiri, ujian nasional, UAS atau UTS.. pokoknya tinggal lo sesuaikan aja.
Idealnya sih, artikel ini dibaca sekitar 1 minggu sebelum ujian, karena dalam 1 minggu menjelang ujian, sebetulnya udah bukan waktunya lagi lo untuk belajar mengejar materi ujian! Karena seharusnya lo udah belajar dan memahami semua materi ujian itu dari berbulan-bulan yang lalu, bukan satu minggu sebelum ujian.Pada H-7 menjelang ujian, persiapan ujian yang harus lo fokuskan adalah persiapan non-teknis (fisik dan mental), sementara persiapan teknis paling-paling dilakukan hanya dalam bentuk try-out evaluasi, itu pun tujuannya hanya untuk membiasakan kondisi mental lo dalam situasi ujian, supaya gak gugup atau grogi dengan nuansa ujian.
Nah, terus gimana aja sih, persiapan non-teknis, baik fisik maupun mental yang perlu dipersiapkan itu? Langsung aja kita mulai pembahasannya:

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Kita Tiru Yok Lek

Yudi Wiradinata mengatakan...

pas kali mau ujian kita
Kwow

Beauty mengatakan...

Jangan post aja tau
tiru lah

Posting Komentar

MudaMudiMedia © 2008 Template by:
SkinCorner